Language : Indonesian
    English
    Chinese
Visitors : 423463
(021) 30011772
Saturday, 24th June 2017 PerizinanIndonesia.com
Support
home about services news event contact contact
OUR SERVICES
BPOM
Makanan & Minuman
Kosmetik
Obat
Obat Tradisional
Supplemen
CPKB
CPOTB
 
DEPKES
IPAK
ALKES
PKRT
Rekomendasi DINKES
Sertifikat Sarana Produksi Dan Distribusi
PIRT
Izin Klinik
 
POSTEL
Telepon Seluler
Repeater
Antena Microwave
Printer Multi Fungsi
Usb Modem
PC Tablet
Printer
Kamera Digital
Radar
Receiver
Keyboard
Wireless
Bluetooth
 
SNI
 
BADAN KARANTINA PERTANIAN
 
BEA CUKAI
 
ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
 
KEHUTANAN
 
PERDAGANGAN
 
PERINDUSTRIAN
 
SKEM
 
ISO 22000:2009
 
ISO 9001:2008
 
GMP
 
HACCP
 
Izin Perusahaan
Pendirian PT
Pendirian CV
PMA
PMDN
Lainnya
Instant Office
 
Barcode
 
Makanan Organik
 
Lingkungan Hidup
 
Halal
 
WIPO
 
HKI
Merek
Hak Cipta
Desain Industri
Daftar Kelas Barang / Jasa
Desain Label Kemasan
 
Jasa Forwarding & Iklaring
NRP, NPB & SPB
SKPLBI
 
 
BPOM Supplemen  

IZIN EDAR SUPLEMEN

Suplemen makanan atau yang biasa dikenal dengan istilah food supplement / dietary supplement merupakan produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat. Nutrisi yang terkandung dalam suplemen makanan biasanya terdiri dari vitamin, mineral dan asam amino yang merupakan bagian dari pembangun protein. Selain itu ada juga produk suplemen yang diformulasikan untuk pengobatan biasanya bahan-bahannya diambil dari tanaman atau bagian-bagian tertentu pada organ tubuh hewan yang berkhasiat sebagai obat untuk penyakit tertentu.


Pada dasarnya food supplement telah ada sejak dahulu meskipun dalam bentuk tradisional, mereka menggunakan suplemen makanan untuk membantu meningkatkan stamina ataupun untuk perawatan kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Di era modern ini makanan suplemen dengan mudah didapatkan karena food supplement sudah tersedia dan dijual bebas di toko-toko, apotik bahkan dengan menggunakan jasa direct selling untuk memasarkan produknya.

Suplemen makanan ini merupakan makanan pendamping atau penambah program diet, nutrisi namun tidak ditujukan sebagai pengganti makanan. Umumnya produk-produk suplemen makanan berupa vitamin , mineral dan botanical seperti vitamin C, jamu, susu, glucosamin yang dapat dikemas dalam bentuk ekstrak, pil, kapsul, tablet, serbuk, softgel dan cair

Produk-produk suplemen berkembang karena faktanya beberapa jenis makanan suplemen digunakan sebagai bahan dasar pengobatan terkini dan untuk pengobatan alternatif karena dari sejumlah penelitian terhadap food supplement / dietary supplement yang kaya akan multivitamin dan multimineral menunjukkan khasiat yang sama dengan obat-obatan konvensional serta aman untuk untuk dikonsumsi.

Meskipun demikian, tentunya kita tidak boleh mengabaikan pengobatan konvensional atau menghindari obat-obatan konvensional dan hanya mengandalkan suplemen makanan karena penggunaannya membutuhkan jangka waktu yang cukup lama dibandingkan jika menggunakan obat-obatan konvensional

Kapan harus mengkonsumsi suplemen makanan?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa food supplement merupakan makanan tambahan yang diperkaya nutrisi, multivitamin, multimineral dan gizi namun meski demikian keberadaannya tidak dimaksudkan untuk menggantikan makanan. Bagaiamana pun juga sebutir pil food supplement tidak akan dapat memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap dalam kondisi sehat. Dengan kata lain mengkonsumsinya bukan suatu keharusan tapi dapat menjadi sebuah anjuran sebagai makanan tambahan yang mendampingi makanan yang kita konsumsi sehari-hari, untuk itu dianjurkan mengunakannya dalam kondisi tertentu seperti berikut ini :
- Saat letih dan kelelahan karena melakukan aktivitas yang cukup melelahkan
- Saat badan terasa lesu, panas dalam dan flu
- Ketika terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh terutama yang berhubungan dengan siete metabolisme tubuh
- Kekebalan tubuh menurun dan terasa akan sakit atau setelah sakit
- Kondisi lingkungan yang buruk seperti tingginya tingkat pencemaran dan radikal bebas ataupun karena cuaca buruk
- Untuk mempertahankan kondisi kesehatan dan kebugaran, gunakan dosis yg tepat &  konsumsilah suplemen makanan

 
 
 
© PerizinanIndonesia.com Nov.2012